penyebab pulsa dan kuota boros 2

7 Penyebab Pulsa dan Kuota Boros

Memiliki pulsa atau kuota memang sudah kewajiban pemiliki smartphone saat ini. Bahkan, kalau di pelajar ekonomi, kuota atau pulsa undah menjadi kebutuhan sekunder kali ya? Hehe. Eits tapi, pernahkah kalian ngga sadar pulsa atau kuota tiba-tiba habis tanpa alasan dan keterangan yang jelas? Berikut akan kami jelaskan 7 penyebab pulsa dan kuota boros tanpa disadari.

7 Penyebab Pulsa dan Kuota Boros

  1. Telfonan

Salah satu cara klasik untuk keep-in-touch dengan orang ini dapat menguras pulsa kamu dengan cepat. Telfon memakan biaya pulsa yang cukup banyak, apalagi jika dibandingkan dengan saat ini yang sudah mulai beranjak ke sosial media atau aplikasi chatting lainnya. Promo promo telfon konvensional sudah tidak banyak ditawarkan juga, mengakibatkan kebiasaan ini dapat memakan pulsamu lebih cepat.

  1. SMS-an

Ngga banyak berbeda juga dengan telfon, sms juga memakan cost yang cukup besar dibanding dengan menggunakan cara lainnya. Satu kali sms bisa menghabiskan pulsa 100 hingga 200 rupiah. Belum lagi jika keperluan kita banyak, maka pesan kita akan melebihi batas sekali sms, dengan kata lain, kita membutuhkan 2 hingga 3 sms untuk menyampaikan maksud dan tujuan kita. Sehingga Rp 600,- akan melayang dengan mudahnya. Lebih lebih, kalau percakapannya cukup panjang dan banyak. Huh, mending disudahi saja ya kebiasaan ini.

  1. Streaming

Kebutuhan berbagai macam hal memang bisa kita dapatakan di media secara online, salah satunya yakni kebutuhan mendengarkan lagu atau menonton video. Kebiasaan ini dapat dengan sangat cepat menghabiskan pulsa atau kuota internetmu. Apalagi dengan munculnya berbagai aplikasi streaming radio atau music seperti Joox, SounCloud dan Spotify yang membuatmu ketagihan mendengarkan music favoritmu dan lupa dengan kuota yang terkuras. Belum lagi jika kamu hobi menonton video dari channel channel artis yutuber favoritmu, siap siap beli kuota dalam waktu dekat yah.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Memory Card untuk Smartphone Mu

  1. Roaming

Nah, ini salah satu setting ponsel yang perlu kalian ketahui guys. Roaming akan menyala apabila ponsel atau smartphone mu berada pada daerah yang sulit dijangkau atau susah sinyal. Smartphone mu akan dengan otomatis mengaktifkan fitur ini dengan maksud agar aktifitasmu tidak terganggu. Namun, justru fitur ini akan memakan banyak pulsamu. So, jika kamu rela ngga dapet sinyal, kamu bisa mengatur fitur ini di aplikasi pengaturan.

  1. Lupa langganan paket internet

Ini dia, salah satu kebiasaan buruk para pengguna smartphone. Kuota internet habis atau jangka waktu paketan sudah lewat, sudah seharusnya kamu segera membelinya sebelum pengaturan paketanmu diakhiri. Namun banyak sekali pengguna smartphone membiarkan hal ini dan membeli kuota di kemudian hari, dan sesaat setelah membelikan pulsa mereka langsung menggunakannya tanpa mendaftarkan atau mengatur paketan ulang. Alhasil, bukan kuota yang termakan, tapi pulsamu akan kesedot dengan tarif asli yang mahal. Kamu salah satunya?

penyebab pulsa dan kuota boros

  1. Aktif banyak medsos

Aktif di banyak media sosial memang menjadi trend kamu muda saat ini. Dengan memiliki banyak media, kemungkinan jaringan memang akan lebih luas. Tapi kamu perlu berhati-hati, beberapa media sosial memiliki kebutuhan jaringan yang cukup besar. Dengan kata lain, mereka akan menyedot banyak kuota mu untuk memenuhi kebutuhanmu berjejaring. So, gunakan secara bijak ya!

  1. Tethering berlebihan

Kamu memang boleh baik ke banyak orang, tapi jangan lupa kuota internetmu memiliki batasan loh ya! Fitur tethering memang dapat sangat membantu teman teman kita yang sedang fakir kuota. Mereka dapat menikmati internet dengan hanya bermodal minta tolong. Tentunya bandwith-mu akan dibagi dengan para pengguna yang connect dengan wifi tethering mu.

 

Nahh diantara 7 Penyebab Pulsa dan Kuota boros di atas apakah ada kebiasaan yang sering kalian lakukan tanpa kalian sadari? Kurang-kurangin ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *