tips memotret outdoor kids

5 Tips Memotret Outdoor Like A Pro

Kegiatan foto diluar atau outdoor kerap menjadi pantangan para fotografer pemula yang ingin belajar. Matahari dan cuaca merupakan factor paling berpengaruh terhadap kesuksesan pemotretan kita. Tapi, jangan khawatir, banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal. Kita sudah merangkum 7 tips memotret outdoor yang bisa kamu terapkan secepatnya. So, cekidot!

Tips Memotret Outdoor

tips memotret outdoor kids

  1. Siapkan Konsep

Dimana pun dan kapan pun kamu akan melakukan sesi pemotretan, akan lebih baik jika kamu sudah memiliki perencanaan atau konsep yang jelas mengenai foto yang akan kamu ambil. Walaupun awalnya kamu hanya berniat untuk main main saja, namun pasti ada obrolan atau pemikiran tentang ide ide pengambilan fotonya. Semisal nih, kamu lagi merencanakan untuk hiking bersama teman temanmu. Beberapa hari sebelum itu, tentunya kamu udah sempet ngobrol dan membahas ide ide seperti pose di mana, dengan gaya apa, referensi foto seperti apa dan lain lain. Hal ini sudah merupakan sebuah rancangan atau konsep sekalipun sangat sederhana. So, jangan lupa pikirkan tips penting satu ini.

  1. Pilih Kostum dan Properti yang pas

Setelah kamu memilih lokasi pemotretan yang sesuai, jangan lupa untuk merencanakan kostum atau property yang sesuai dengan konsep awal kamu. Kostum dan property akan sangat berpengaruh pada ambience atau suasana yang ingin kamu bangun. Baik itu dari warna, model, maupun bentuk, hal itu akan sangat mempengaruhi mood hasil fotomu. Semisal kamu ingin memotret dengan gaya retro 90’s, ngga lucu kan kalo sampai ada property seperti iPhone7 in-frame di hasil jepretanmu? So, kamu harus memikirkan kostum dan property yang sesuai dengan konsep awal kamu agar ngga bikin blooper.

tips memotret outdoor simple

Baca Juga: 5 Aplikasi Fashion Terbaik Untuk Kamu Fashionista

  1. Perhatikan Cahaya

Pemotretan outdoor emang akan sangat dipengaruhi oleh cahaya matahari. Nah, hal ini juga yang bisa menjadi masalah ketika merencanakan pemotretan outdoor. Semisal, kita merencanakan untuk memotret saat intensitas cahaya matahari masih sedikit. Lalu kita memilih memotret pada jam jam 5 atau 6 pagi. Namun saat sudah siap untuk melakukan sesi foto, ternyata jam 6 pada lokasi itu sudah lebih terang dari perkiraan awal. Jadi berabe kan ya? Selain itu, untuk mengambil hasil gambar yang jelas, kamu juga harus memahami arah datang cahaya agar tidak membuat mu backlight.

  1. Manfaatkan Reflektor

Terkadang karena terik matahari yang cukup panas, hasil foto akan membuat bayagan yang cukup jelas terlihat menutupi beberapa bagian subjek atau objek potret kita. Hal ini akan mengurangi estetika hasil jepretan tentunya. Maka dari itu, kamu membutuhkan sebuah benda yang dapat memantulkan cahaya ke bagian yang membentuk bayangan. Sehingga bayangan hitam yang terbentuk bisa diminalisir. Untuk itu kamu bisa menggunakan reflektor yang dapat memantulkan cahaya. Jika ber-budget rendah kamu bisa menggantinya dengan gabus sterofoam yang dijual di toko toko alat tulis kantor.

tips memotret outdoor

Artikel Menarik: 7 Penyebab Pulsa dan Kuota Boros

  1. Menghindari objek mengganggu

Niatnya foto seorang model cantik yang lagi ngibasin rambutnya, eh tiba tiba tulisan “jangan foto foto disini” in-frame di hasil jepretan kamu. Hmm banget yaa yang buat tulisan disitu. Benda benda yang membuat photoboom seperti itu harus kita hindari dan harus diperhatikan secara teliti. So, rencanakan pemotretanmu dengan matang agar property property liar ngga diijinkan untuk masuk dalam frame.

Demikianlah artikel mengenai Tips Memotret Outdoor, Cukup mudah kan yaa? Intinya kamu hanya perlu memiliki konsep yang jelas. Semakin matang konsep pemotretanmu maka kesalahan kesalahan akan mudah untuk dikurangi. Selain itu buatlah perencanaan lebih dari satu agar segera mendapatkan solusi ketika ada halangan yang mengganggu. So, selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *