perbedaan RAM dan ROM di smartphone

Perbedaan RAM dan ROM

Kedua hal yang akan kita bahas ini hampir sama fungsi dan penulisannya, yakni RAM dan ROM. Namun meski demikian keduanya memiliki perbedaan mendasar dan cara pengaplikasiannya. Perbedaan RAM dan ROM terletak pada cara kerja mereka berdua.

RAM bertugas untuk menjalankan aplikasi, sedangkan ROM bertugas untuk menyimpan file yang akan dijalankan. Bingung? Yuk pelan pelan kita oprek perbedaan keduanya secara lebih rinci. Banyak sekali perbedaan RAM dan ROM yang tidak banyak diketahui. Simak sampai habis ya guys.

Apasih RAM itu?

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yang sering disalah artikan sebagai Run Able Memori. RAM adalah salah satu jenis hardware bawaan yang pasti ada di perangkat digital seperti hp dan tablet baik android maupun iOS maupun yang lain. 🙂 Dan RAM juga akan kalian temukan di perangkat komputer jinjing maupun PC kalian.

Nah, RAM ini diukur dari besaran Megabyte atau Gigabyte yang berarti kapasitas yang bisa dijalankan RAM tersebut dalam waktu bersamaan. RAM ini bertugas untuk menyimpan data atau file dari aplikasi yang sedang dioperasikan. Sifat RAM ini hanya sementara, dan semua data pada RAM akan hilang ketika smartphone atau pc kamu matikan.

perbedaan RAM dan ROM handphone

Jika pernah bertanya tanya kenapa video youtube yang barusan ditutup kok berhenti pada bagian terakhir yang kamu tonton. Atau pernah bertanya kenapa lagu yang kamu putar di MP3 player tetap berjalan meskipun kamu sedang browsing atau main game. Itulah kinerja dari hardware yang satu ini.

Baca Juga: Kegunaan Sensor Proximiti

Untuk bisa bekerja, RAM membutuhkan daya yang berasal dari listrik atau baterai. Maka dari itulah ketika kamu menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, yang terjadi adalah baterai cepat habis. 🙂

Selanjutnya Apasih ROM itu?

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory, yang berarti media ini hanya bisa dibaca atau tidak bisa diisi data. Pengisian data kedalam ROM membutuhkan proses yang khusus. ROM ini bisanyanya digunakan untuk menyimpan data dari OS yang kamu gunakan. ROM juga bertugas menyimpan penyimpanan firmware dan software.

ROM ini berguna karena dia bisa berjalan sendiri tanpa harus menunggu perintah dari aplikasi yang lain. Karena itulah smartphone kamu bisa berjalan tanpa harus ada tombol besar “nyala”. Ini maksudnya bukan on/off, karena tombol itu “hanya” bertugas untuk memberikan daya terhadap handphone. Berbeda dengan yang menjalankan sistem operasi secara otomatis.

Artikel Menarik: Mengulas Keunggulan Handphone Murah Spesifikasi Gahar

ROM pada umumnya kecil karena firmware tidak membutuhkan banyak ruang untuk berjalan. Dan yang memberdakan dari RAM adalah, meskipun besaran ROM besar tidak akan merubah cepat lambatnya booting berjalan.

Perbedaan RAM dan ROM

perbedaan RAM dan ROM

Untuk ponsel android terdapat tiga jenis RAM yaitu:

  1. LPDDR2

RAM jenis ini tidak kompatibel dengan SDRAM DDR1 dan DDR2. Namun jenis ini sudah bisa mengakomodosi keduanya. Kelebihan dari RAM LPDDR2 adalah menawarkan efisiensi daya yang lebih baik jika dibandingkan dengan LPDDR1.

  1. LPDDR3

LPDDR3 adalah Low Power Data Rate 3. Jenis RAM yang satu ini hadir dalam beberapa pilihan model. Salah satunya adalah LPDDR3 6GB yang diusung oleh SAMSUNG.

  1. LPDDR4

Ini adalah jenis RAM generasi terbaru untuk perangkat smartphone dan tablet. RAM ini menawarkan banyak sekali perubahan jika dibandingkan RAM sebelumnya. Antara lain adalah kemampuannya untuk menghemat daya hingga 40% lebih baik dari versi sebelumnya.

Sedangkan jenis jenis ROM antara lain adalah:

perbedaan RAM dan ROM di smartphone

  1. Stock ROMs

Stock ROM adalah sistim operasi asli dari pengembang dan masih dalam bentuk defaultnya. Stock ROM berisi tampilan  yang biasa kita lihat ketika pertama mengaktifkan perangkat. Dan juga fungsi standar pabrik yang belum ada perubahan tambahan oleh pengembang lain.

  1. Manufacturer atau Carrier Stock ROM

Jenis ROM ini adalah stock Rom yang telah mengalami perubahan oleh pihak lain diluar pabrikan. Misalnya pada pihak pengambang atau jaringan. Biasanya ROM ini digunakan pada perangkat perangkat bundling misalnya Andromax keluaran Smartfren.

  1. Custom ROM

Custom ROM adalah jenis ROM yang telah melewati kustomisasi diluar pabrikan atau pengembangnya. Biasanya custom ROM dilakukan oleh pengembang pengembang independen. Dan kebanyakan custom ROM ini berlangsung di sistim operasi Android mengingat Google memang membuka sekali terhadap custom ini.

Demikianlah artikel mengenai Perbedaan Ram dan Rom, serta di sertai dengan jenis-jenisnya. semoga artikel ini membantu, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *