android oreo release

Android Oreo Resmi Diumumkan, Apa Saja Keistimewaannya?

Akhirnya datang juga… Setelah banyak dinanti-nanti oleh pecinta gadget, Google akhirnya meresmikan Android terbarunya. Sayang prediksi banyak orang mengenai nama dari penerus Android Nougat meleset jauh. Santer tersiar desas desus kalau Google akan menamai Android O dengan Android Orelette (bahkan mungkin kamu termasuk salah satunya), eits tapi rupanya Google mantap memberi nama Android Oreo untuk Android terbarunya.

Baca Juga: Bisnis yang Menjanjikan dari Sebuah Bisnis Franchise

Istimewanya, Google mengumumkan penamaan Android Oreo ini tepat setelah peristiwa gerhana matahari di hari Senin (21 Agustus 2017). Android Open Source Project alias AOSP jadi wadah untuk mengumumkan kabar itu.

android oreo

Siapa saja yang berhak terlebih dulu merasakan Android Oreo? Tak lain dan tak bukan mereka adalah Nexus 5X, Nexus 6P, dan Google Pixel. Ke depannya Nexus Player dan Pixel C juga kan merasakan Android Oreo.

Masih ingat dulu Google bermitra dengan Nestle dan memberi nama Androidnya Kit Kat? Kali ini Google bermitra dengan Nabisco and Cadbury sebagai pemilik merek dagang Oreo dan memberi nama Oreo pada Androidnya. Berarti ini kali kedua Google bermitra dengan perusahaan snack untuk memasarkan Operating System milik mereka. Sstttt…, konon dulu Google tak harus membayar untuk menggunakan nama Kit Kat. Apa Oreo juga merasakan nasib yang sama? Kita tunggu bocorannya yaa.

Artikel Menarik: Menikmati Indahnya Kota bandung Sebagai Destinasi Wisata Liburan

Disampaikan bahwa OS Android Oreo bakal punya beberapa pembaharuan di seputaran dapur pacu, tampilannya bakal lebih rapi, keyboard yang lebih fungsional, tambahan emoji baru yang lebih menarik dan banyak, konsumsi baterai yang lebih oke, dan juga pembatasan aktivitas background yang bakal mempermulus performanya.

Berikut Keunggulan Android Oreo Dibanding Pendahulunya

android oreo release

Kalau dibandingkan dengan pendahulunya, Nougat, Oreo jelas terlihat berbeda dari segi penampilan. Banyak yang bertanya-tanya apakah tampilan si Oreo bakal lebih rapi dan benar-benar berbeda dari Nougat? Berikut review seperti yang dilansir oleh Phone Arena :

  1. Sisi home screen

Rupanya tak banyak perubahan yang signifikan di Android Oreo saat berbicara soal Home Screen. Icon aplikasi di Oreo terlihat sedikit lebih slim. Ini disebabkan oleh fitur Adaptive Icon yang dimiliki oleh Oreo.

  1. App Drawer

Saat diamati dengan seksama ada hal yang di luar dugaan. Google tak membuat perubahan signifikan dari Nougat ke Oreo. Baik dari sisi tampilan, ikon, hingga warna, Oreo tak jauh berbeda dari Nougat.

  1. Notification dan Quick Settings

Kalau di App Drawer si Oreo tak berbeda dengan Nougat, bagaimana dengan soal notification dan quick settingnya? Well, karena Oreo secara default sudah menggunakan warna putih, maka kamu tak akan menemukan warna gelap seperti di Nougat dulu. Pada intinya tak ada perubahan yang berarti di sisi icon.

  1. Menu Settings

Rupanya ini yang berbeda dari Android Nougat ke Android berlambang snack ini. Ada perombakan besar yang terjadi di menu setelan. Sebagian besar dari pilihan menu yang ada di aplikasi settings sudah digabungkan jadi beberapa menu berbasis topik.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Processor dari Awal

  1. Google Assitant

Mau memberikan perintah pada si Google Assitant di Android dengan logo snack Oreo ini? Tak perlu beradaptasi, tak ada perbedaan penampilan yang signifikan mengenai tampilan google assistant.

  1. Kamera

Waah ini dia yang bikin penasaran. Bagaimana kamera di Android terbaru ini? Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mencolok dari segi tampilan kamera antara Android Oreo dan Android Nougat. Perbedaannya di Android terbaru ini ada pada tombol video recording khusus yang bisa langsung dipakai saat membuka mode kamera.


Jika kalian ingin mencicipi Android dengan sistem operasi terbaru ini, kalian bisa membeli smartphone terbaru yang telah ditanamkan sistem operasi android oreo, atau jika kalian ingin sabar menunggu, kalian bisa menunggu upgrade dari masing-masing handphone kalian.

Jika kalian mempunyai pertanyaan seputar artikel ini atau seputar Android Canggih, kalian bisa menulis komentar di bawah ini. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *